Selasa, 22 Januari 2013

Menggapai Sholat Khusu'

Sholat adalah kewajiban bagi kita sebagai kaum muslim, banyak sekali sebenarnya manfaat dari sholat salah satunya yaitu menjauhkan diri dari perbuatan keji dan mungkar.dengan sholat kehidupan kita akan lebih tentram dan damai, dengan melaksanakan kewajiban maka hati kita akan terhindar dari rasa berdosa, ya rasa berdosa yang akan timbul jika kita tidak mengerjakan perintah Allah.. berikut ini adalah beberapa tips yang bisa di terapkan dalam mendirikan sholat, agar kita bisa menggapai sholat yang khusu'...
1. Sholat menghadap dan mendekat ke arah sutrah atau pembatas
hal ini akan memberi beberapa manfaat, diantaranya:
*menahan pandangan dari apa yang ada dibelakang sutrah dan mencegah orang yang akan melewati dengan mendekatinya.
*mencegah syetan agar tidak melewati atau mencegah sholat. Nabi saw pernah bersabda: "jika salah seorang dari kalian sholat menghadap ke sutrah, maka hendaklah ia dekat denganya, agar syetan  tidak memotong sholatnya." (HR Abu Dawud)
2. Meletakan tangan kanan di atas tangan kiri di atas dada.
Rasullullah jika sholat, beliau meletakan tangan kanannya di atas tangan kirinya. keduanya beliau letakan diatas dada. hikmahnya bersikap seperti ini dalam sholat adalah menunjukan sikap orang yang meminta dan hina di hadapan Allah. selain itu, terjauh dari sikap bermain-main dan lebih dekat pada hal yang disebut dengan kekhusu' kan.
3. Memandang ke arah sujud.
Aiayah r.a meriwayatkan bahwa jika Rasulullah sholat, beliau menundukan kepalanya dan mengarahkan pandanganya ke arah tanah. adapun ketika tasyahud beliau memandang ke arah jari yang memberi isyarat dan beliau menggerakanya.
4. Menggerakan jari telunjuk.
Nabi saw bersabda: "hal ini adalah lebih berat bagi setan dari pada besi". memberi isyarat dengan jari telunjuk mengingatkan seorang hamba akan keesaan Allah Ta'ala dan ikhlas dalam ibadah. inilah perkara terbesar yang paling dibenci oleh syetan. dan kita berlindung pada Allah atas kejahatanya.
demikian sedikit tips yang mungkin bisa bermanfaat, salam hangat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar