Selasa, 20 Maret 2012

Tips Mengurangi Kecanduan Kopi atau Caffein

 biasanya diwaktu pagi saat sarapan sebelum memulai segala activitas kita akan mengawali pagi dengan secangkir kopi. tidak ada yang salah dengan kopi atau caffein, sampai anda meneguknya terlalu banyak sehingga menyebabkan nyeri pada ulu hati dan mengalami masalah sulit tidur. jika anda merasa cemas atau khawatir tentang masalah kecanduan kopi atau caffein maka cobalah mengurangi porsi mengonsumsi zat ini. dengan mengurangi caffein rimemang bisa mengurangi rasa nyeri pada ulu hati, gangguan tidur dan kecemasan. tetapi menghentikan caffein bisa membuat anda mudah marah, mudah kelelahan, dan sakit kepala. untuk itu ikutilah kiat-kiat aman untuk mengurangi caffein:
1.Kurangi secara perlahan
bila anda termasuk peminum berat caffein. maka anda perlu menguranginya secara perlahan, sehingga gejala ketagihan bisa dikurangi. dan caffein jg bisa didapatkan dari sumber lain contohnya saja cokelat.
2.Cari minuman pengganti
sebagai langkah awal anda bisa mengganti dengan meminum caffe decaf yang kandungan caffeinya lebih rendah atau sedikit, jika sudah terbiasa gantilah dengan minuman yang tidak mengandung caffein seperti teh atau lainya.
3.Redakan nyeri kepala
sakit kepala yang dialami lebih dari dua hari bisa menjadi pertanda bahwa anda sudah ketagihan caffein. bila sakit kepala anda bisa menyiasatinya dengan meminum obat pereda nyeri kepala. sebaiknya anda tidak mengonsumsi aspirin atau ibuprofen, dan pilihlah asetaminopen karenaal tidak akan menyebabkan nyeri pada ulu hati.
4.Minum lebih banyak air
minum lebih banyak air adalah salah satu cara untuk melakukan detoks, selain itu dalam keadaan terhidrasi, tubuh akan lebih waspada sehingga anda akan bisa tetap focus meski tanpa caffein.
5.Olahraga
olahraga bisa memiliki efek seperti simulan, seperti hal nya caffein. karena itu jika muncul tanda-tanda ketagihan caffein, lakukan activitas fisik untuk meningkatkan energi.
6.Asup makanan sehat
bila selama ini caffein menjadi andalan di saat anda sibuk. sebaiknya gantilah dengan mengkonsumsi makanan sehat. yaitu makanan yang tidak mengandung gula tambahan atau makanan siap saji. makanan sehat adalah sumber energi yang baik terutama karbohidrat yang berasal dari serat.
7.Perhatikan jadwal
makan tepat waktu, jangan biarkan perut kosong. perut yang kosong akan membuat anda tidak berenergi dan tidak dapat berkonsentrasi.
8.Cukup tidur
kopi mengandung stimulan dan jika kita berhenti mengkonsumsinya maka akan timbul rasa tidak bertenaga. dan obat paling ampuh untuk mengembalikan kebugaran tenaga adalah dengan istirahat yang cukup atau tidur. untuk mengatasi masalah sulit tidur, hindarilah tidur siang, perbanyak berolah raga, dan tidurlah pada jam yang sama atau teratur setiap malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar