Selasa, 20 Maret 2012

7 Tips Mengatasi Rasa Kantuk

rasa kantuk memang kadang-kadang melanda pada waktu tang kurang ttepat, misalnya saja di waktu kita bekerja . tertidur pada waktu jam kerja mungkin akan menimbulkan rasa malu jika ketahuan bos atau rekan kerja. tetapi bagi mereka yang pekerjaanya memerlukan konsentrasi tinggi seperti pilot,dokter,pengemudi tertidur saat jam kerja bisa berakibat fatal.
bila anda termasuk kata gori orang yang mudah terserang rasa kantuk, berikut ini tips sederhana yang mungkin bisa bermanfaat untuk mengusir rasa kantuk.
1.konsumsi caffein
secangkir teh, kopi, cola atau minuman berenergi adalah termasuk sumber caffein yang dicari. caffein adalah stimulan atau zat yang bisa menghasilkan adrenalin dan menghambat zat kimia yang menyebabkan rasa kantuk. dan jangan mengkonsumsi caffein sampai lebih dari 200 ml gram jumlah itu setara dengan 3 cangkir kopi.
2.dengarkan musik
sebuah study membuktikan bahwa orang yang mendengarkan musik sebelum ujian akan dapat memiliki level konsentrasi yang lebih tinggi. musik favorit juga bisa mengembalikan mood dan meningkatkan kemampuan otak.
3.ngemil
ngemil termasuk katagori obat rasa kantuk karena menghasilkan protein yang merangsang orexin di otak yang akan mengirimkan implus listrik ke otak yang akan membuat kita waspada dan terjaga. sebagai perbandingan, cemilan yang mengandung karbohidrat justru akan dengan cepat meningkatkan kadar gula dan menurunkan kewaspadaan sehingga membuat kita mudah mengantuk.
4.bergerak
melakukan activitas dengan malakukan sedikit perenggangan untuk meningkatkan sirkulasi darah.
5.paparan sinar matahari
mereka yang bekerja diruangan gelap akan cenderung mudah terserang kantuk, berbeda dengan bekerja di ruangan yang terkena cukup sinar matahari cenderung jarang mengantuk dan resiko terserang insomnia lebih rendah.
6.rangsang indra pencium 
merangsang indra pencium yaitu hidung ternyata juga sangat bermanfaat. beberapa aroma yang membuat mata terbuka adalah pepertmint, kayu manis, kopi dan cokelat.
7.konsultasi dokter
bila anda terus menerus diserang rasa kantuk berkonsultasi dengan dogter adalah hal yang tepat. rasa lelah dan kantuk meski tanpa melakukan activitas berat bisa dikarenakan gangguan kesehatan seperti anemia atau sleep apnea.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar