Rabu, 21 Maret 2012

Tips Melepas Stres Tanpa Biaya

reputasi stres sebagai penghilang kebahagiaan, sampai-sampai bisa menyebabkan penyakit, dan rasanya sudah sangat dikenal. sayangnya tak banyak orang yang mengenal bagaimana cara mengelola stres yang sulit dielakan dari kehidupan. setiap orang perlu rekreasi untuk mengendurkan ketegangan. rekreasi sangat penting untuk  kesehatan jiwa karena tekanan hidup yang berat memerlukan penyaluran agar tidak menyebabkan frustasi. anda ingin mengurangi tekanan hidup dengan murah dan tanpa mengurangi waktu? 6 tips pelepas stres berikut mungkin cocok anda masukan kedalam agenda harian.
1. membaca buku
 ini merupakan kegiatan yang bukan saja membuat kita sejenak berhenti memikirkan segunung masalah,tetapi juga membuat kita seolah masuk kedunia baru yang sedang kita baca. membaca di mlm hari adalah kegiatan yang sangat dianjurkan. kamar tidur adalah tempat yang hangat,nyaman dan damai. ditambah dengan kombinasi buku bagus maka anda akan menemukanfokus pada diri sendiri.
2. duduk di taman
bila anda jeli sebenarnya banyak sekali oase disekitar kita. selain di area komplek perumahan, taman kecil yang hijau kini sudah banyak bertebaran disekitar perkantoran atau tempat kerja. luangan sejenak waktu sekitar 5-10 menit untuk duduk menikmati udara segar dan hijaunya taman.
3. melihat foto
melihat-lihat kembali album foto yang berisi kenangan indah dan menyenangkan adalah salah satu pelepas stres yang murah dan sangat efektif. bayangkan anda kembali pada masa di foto itu dan rasakan sensasinya.
4. berjalan kaki atau olahraga
aktifitas fisik adalah cara yang sehat untuk melepas stres karena bisa memicu hormon antistres. luangkan sedikit waktu beberapa menit setiap pagi atau setelah makan siang.
5. meditasi
setiap aktivitas yang bisa membuat kita tetap tenang dan focus sudah bisa disebut sebagai meditasi. itu berarti juga kegiatan menyulam, menulis, menjahit, atau duduk diam,lakukan 5-10 menit setiap hari dan rasakan kadar stres menurun.
6. ambil jeda
bila emosi sudah tidak dapat di bendung, alihkan perhatian anda sejenak focus pada sesuatu yang baru. misalnya melihat kejendela, menyeruput teh hangat, atau memperhatikan pohon yang tertiup angin. biarkan imajinasi anda bebas untuk sesaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar