Kamis, 02 Februari 2012

DI saat Rasa Bersalah Datang Menghantui..

 Tidak ada satupun manusia yang tak luput dari kesalahan. setiap dari kita pasti pernah berbuat sesuatu yang kemudian membuat penyesalan. berbuat bisa kembali kemasa itu untuk memperbaikinya lagi. tapi sayang hanya sia-sia karna tak mungkin waktu bisa berputar mundur kembali. wajar saja kalau kita menyesal atau sampai kita bersedih. tapi bagaimana kalau perasaan itu selalu datang menghantui sehingga hati kita merasa tidak nyaman.
saya punya sedikit tips untuk mengatasi rasa bersalah anda diantaranya:
1. Sibukan Diri
menurut ahli spikologi, orang yang mengalami tekanan emosi yang berat akan cepat sehat atau membaik keadaan emosi jiwanya bila menyibukan diri dengan hal-hal yang bermanfaat. terutama bila ia mau membantu orang lain, karena dengan begitu kita bisa melupakan sejenak atau tidak terus-menerus berfokus pada luka hati atau masalah kita. kebanyakan orang tenggelam dalam permasalahan karena tidak bisa melihat dunia lain yang berputar di luar dunianya.
 2.Jangan Pernah Menyalahkan Keadaan
menyalahkan keadaan hanya membuat luka hati anda semakin dalam. memang tidak semua orang mampu mengambil konsekuensi atas perbuatanya sendiri lebih mudah menyalahkan keadaan ataupun lingkungan. tapi kenyataanya kita tak akan bisa mengatur semuanya atau kata lain dunia tidak mungkin bisa kita kuasai. mencoba melihat dan mengtasi diri sendiri itulah yang kita bisa. dari pada menyalahkan kedaan lebih baik kita berfikir tenang dan pelan-pelan coba mencari solusinya.

3.Ingat Ketika Pintu  Tertutup Masih Ada Pintu Lain Yang Terbuka
ada kalimat yang mengatakan kesempatan emas hanya datang sekali seumur hidup. mungkin ngga' begitu sebenarnya banyak sekali kesempatan yang datang menghampiri kita. tapi kita saja yang tidak bisa menyadarinya.tidak semua hal bisa sama bentuk dan warnanya. selalu ada hikmah di balik hal meskipun itu sangat pahit untuk dijalani.

4.Menghitung Nikmat
Saat hati merasa sedih orang cenderung terfokus pada masalah yang sedang dihadapi hingga melukan hal lain yang dimilikinya. misalnya saja, iya kita kehilangan pekerjaan yang merupakan penghasilan kita. tapi apakah berarti  kita kehilangan segala galanya. tidak begitu kan ingatlah kita masih mempunyai keluarga yang selalu ada dan tulus menyayangi kita. kita masih punya jantung yang sehat yang masih berdenyut hari ini sehingga kita masih bisa merasakan segarnya udara. ada trik kecil yang mungkin bisa berguna ambil secarik kertas dan pena tulis nikmat yang pernah kita rasakan dari kecil hingga kini. anda akan bisa melihat nikmat yang anda pernah rasakan lebih banyak dan besar daripada masalah yang kini anda hadapi.
5. Jangan Mengambil Keputusan Saat Masih Emosi
Manusia cenderung menetralisir masalahnya ketika sedang down.mungkin memang semuanya terasa hancur tapi sebenarnya tidak demikian. tidak semua kehidupanya terpengaruh negatif, yang terjadi hanyalah dia membuat kesalahan dan hal itulah yang mempengaruhi perasaanya. disaat seperti ini sebaiknya jangan mengambil keputusan. sebaiknya tunggu sampai emosi kita mereda baru berfikir dengan jernih sebelum ahirnya memutuskan.

6. Kembali Pada ALLAH
kesedihan, penyesalan,semua rasa sakit yang tidak disertai iman akan membuat kita mudah terjerumus oleh keadaan. maka hal yang paling baik adalah kembali kejalan ALLAH dan meminta petunjuk tentang masalah yang kita hadapi.lihatlah apa yang ALLAH coba sampaikan dengan kejadian ini. mungkin ALLAH ingin menarik kembali kita yang telah jauh dari jalan-NYA.berdo'a dan senantiasalah berdo'a memohonlah agar diberi kekuatan untuk bisa melalui cobaan yang seberat apapun.dan janglah ujian itu membuat kita malah semakin menyimpang dan jauh dari jalan ALLAH jadikanlah DIA tempat curhat yang paling akrab.bersabarlah dan percayalah sesudah kesulitan pasti ada kemudahan.

semoga beberapa info dan tips ini berguna dan bisa bermanfaat untuk anda see you soon...

1 komentar:

  1. bagus banget sis artikelnya, share n kunjungi artikel aku juga ya di http://binauralbeats.co.id

    BalasHapus