Selasa, 26 Maret 2013

Wanita Terhebat Dalam Islam

Nama lengkapnya Aisyah binti Abu Bakar. istri termuda Rasulullah Saw ini bergelar Ash-Shiddiqah, seperti yang digelar ayahandanya, Abu Bakar Ash-Shiddiq, karena selalu berada dijalur yang benar. Aisyah juga sering disebut Ummu Mukminin(ibu orang-orang beriman). nama keluarganya adalah Ummu Abdillah. kadang-kadang ia juga dijuluki humaira(pipi merah delima atau yang pipinya kemerah-merahan). humaira adalah panggilan sayang Rasul kepadanya. Rasullullah juga sering memanggilnya "Binti Ash-Shiddiq" (putri Abu Bakar Ash-Shiddiq) sehingga nama plus gelarnya menjadi "ummu mukminin ummu abdillah aisyah binti abu bakar". diantara istri-istri Rasulullah Saw. Aisyah mempunyai tempat yang sangat istemewa. dialah satu-satunya wanita yang dinikahi nabi dalam keadaan yang masih gadis. kajian sejarah mengatakan ia dinikahi Rasul sejak muda agar mampu merekam keteladanan Rasul dalam berumahtangga dan menjadi juru bicara Rasul seputar masalah kewanitaan. terbukti ribuan hadist yang berbicara seputar hukum, wahyu, perilaku Nabi lainya, bersumber dari Aisyah. ia meriwayatkan hadist Rasulullah sebanyak 2.210 hadist. diantaranya terdapat dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim sebaanyak 297 hadist. para ahli hadist menempatkan Aisyah pada urutan ke-5 dari tujuh orang sahabat penghafal hadist. 
"aku tidak melihat seorang pun yang memiliki kepandaian dalam ilmu fiqih, kedokteran, dan syair melebihi Aisyah" kata Urwah bin Zubair, salah seorang sahabat Rasul. Aisyah adalah sosok seorang wanita sekaligus istri ideal. ia memiliki hati yang lembut, penuh cinta, dan kehangatan, setia, dan berwawasan luas. "Ummu Mu'minin", is pun penebar kedamaian, kasih sayang, dan cinta. "sungguh aku tahu marah dan lapangmu ketika kamu tenang" kata Rasullullah sebaimana dikutip Dr.Abdurrahman bin Shalih al-Asymawi dalam bukunya, Aisyah: istri Rasulullah Dunia dan Akhirat (embun publishing,2007). Aisyah dikenal sebagai wanita yang sangat cantik dan berkulit putih hingga mendapat julukan Humaira' yang kemudian menjadi panggilan sayang Rasul. tubuhnya langsing, rambutnya keriting dan wajah cerah. berbagai literatur islam menunjukan , pernikahan Rasulullah dengan Aisyah merupakan perintah langsung dari Allah, dua tahun seteelah istri pertama Rasul, Siti Khadijah wafat. Allah Swt telah mempersiapkan Aisyah untuk menjadi pendamping Rasulullah dalam mengemban amanah risalah yang akan menjadi penyejuk mata dan pelipur lara bagi diri beliau. suatu hari jibril memperlihatkan kepada Rasulullah secarik kain sutra berwarna hijau sembari mengatakan , "inilah calon istrimu kelak, didunia dan diahirirat" (HR At-Tirmidzi dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi). 
ketika dinikahi Rasulullah , Aisyah masih sangat belia. berbagai riwayat menyebutkan ketika dinikahi Rasulullah usia aisyah masih 9 tahun. namun, sebagaimana  diberitakan republik online belum lama ini seorang ulama pakistan Hakim Niyas Ahmad menegaskan Aisyah sudah berusia 19 tahun ketika dipinang oleh Rasulullah. "kebanyakan sumber terutama Abu Naim al-iafani, mengatakan Asma berusia 27 tahun ketika hijrah ke madinah. artinya ra saat itu setidaknya sudah berusia 17 tahun" tulis hakim seperti di nukil dari bikyamars.com(9/12). asma adalah kakak Aisyah. kesimpulan hakim, Aisyah berumah tangga dengan Rasulullah pada usia antara 19-20 tahun. hakim menyebutkan penemuanya itu menggugurkan sejumlah hadist yang menyebut putri Abu Bakar al-Shiddiq itu menikah dengan Rasullullah ketika berusia 9 tahun, seperti diriwayatkan Hisyam Urwa. hakim berpendapat, penuturan Hisyam Urwa kurang shahih. meski secara umum Hisyam adalah orang yang bisa diandalkan, namun ketika usinya sudah menginjak 84 tahun sehingga para ulama madinah ketika itu sudah kurang mempercayai lantaran ingatannya mulai melemah. apalagi kebanyakan dari sumber hadits Hisyam sudah meninggal. sehingga sangat sulit membuktikan kebenaran ucapanya. hakim menyimpulkan , Aisyah ra memang sudah menginjak usia yang siap untuk menikah. teorinya itu berdasarkan hasil penelusuran berbagai dokumen agama sejarah.

Aisyah wafat pada usia 66 tahun, bertepatan dengan bulan ramadhan, tahun ke 58 hijriah. ia dimakamkan di Baqi'. Aisyah dimakamkan pada malam itu juga(malam selasa tanggal 17 ramadhan).
penulis Syeda A. razwy menyebutkan Aisyah sebagai "The Greatest Of First Lady of Islam" atau "wanita terhebat dalam islam"(Alawiyah abdurrahman,2007).
Rasulullah sangat mencintai Aisyah karena aklak mulia atau kesalehanya. kehidupan Siti Aisyah penuh kemuliaan, kezuhudan, ketawadhuan, pengabdian sepenuhnya kepada Rasulullah, dan selalu banyak beribadah kepada Allah. Rasulullah bersabda, "perempuan yang paling aku cintai adalah Aisyah dan (yang paling aku cintai) dari laki-laki sebagai sahabat adalah bapaknya(Abu Bakar)" (HR.Bukhari Muslim dari Anas).
banyak sekali keutamaan Aisyah, sampai-sampai Rasulullah mengatakan dalam sabdanya "orang yang mulia dari kalangan laki-laki banyak, namun yang mulia dari kalangan wanita hanyalah Maryam binti Imron dan Aisyah istri fir'aun, dan keutamaan Aisyah atas semua wanita seperti keutamaan tsarid(bubur) atas segala makanan" (HR Bukhari dan Muslim). Wallahu alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar