Jumat, 12 April 2013

Pengaruh Kopi untuk Organ Reproduksi

Kopi merupakan jenis minuman yang sangat digemari, bahkan ada yang sampai kecanduan. ada yang sampai taraf bila tidak mengkonsumsi kopi kepala akan terasa berat, beberapa limbung dan sebagainya. si hitam yang konon bisa membuat mata bertahan hingga lama ini ternyata juga mempunyai dampak buruk yang kurang baik untuk kaum wanita. kopi kaya akan kandungan kafein, sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk melihat sejauh mana efek dari kopi, terutama untuk kafein yang terkandung didalamnya bagi kesehatan termasuk kesehatan reproduksi.


 * kafein merupakan zat yang bersifat stimulan, yang akan memberikan efek bagi tubuh berupa peningkatan laju pernafasan, denyut jantung, tekanan darah, sakit kepala, pengeluaran hormon stres, menimbulkan rasa seperti terbakar pada lambung(terutama bagi penderita sakit lambung), meningkatkan pengeluaran energi pada tubuh selama beberapa jam, dan merangsang saluran cerna terutama dalam proses pembuangan.
* kafein juga bersifat diuretik, sehingga merangsang pengeluaran cairan yang lebih banyak dari tubuh, sehingga bisa menyebabkan terjadinya  anemia defisiensi besi.
* dari beberapa penelitian dikatakan bahwa selain efek negative ternyata kopi juga memberikan efek positif terhadap penyakit alzheimer, parkinson, dan kepikunan.
* namun mengenai kopi efek terhadap kelainan kehamilan, cacat pada janin, tingkat kesuburan, maupun kejadian penyakit kanker, sampai saat ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan adanya hubungan yang jelas.
* efek yang merugikan dari kafein akan semakin jelas bila kopi dikonsumsi lebih dari tiga cangkir dalam satu hari. seperti misalnya berkeringat banyak, berada dalam keadaan tegang, ketidak mampuan berkonsentrasi, kehilangan massa tulang pada wanita yang dapat berakibat terjadinya osteoporosis, dan terjadinya nyeri pada kista jinak payudara.
* konsumsi kopi yang masih bisa diperbolehkan dan tanpa menimbulkan efek samping yang merugikan bagi kesehatan hanya sekitar mengkonsumsinya satu cangkir dalam sehari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar